Monday, June 05, 2017

Penja Tumis, Masakan Khas Mandar Yang Pas Untuk Hidangan Ramadhan

Penja Tuqmis, (Penja Tumis) adalah masakan khas Mandar yang cukup langka. Mengapa demikian ? Karena untuk mendapatkan ikan penja sendiri tidaklah mudah seperti mendapatkan jenis ikan lainnya setiap hari di pasar-pasar tradisional. Ikan penja punya musimnya untuk didapatkan, ia hanya hadir saat waktu-waktu tertentu. Karena kemunculannya yang terbatas ia kadang diawetkan dengan memberinya garam agar tak busuk. Dua varian ikan penja yang dikenal di suku Mandar adalah penja basah dan penja kering, dan ikan penja kering adalah ikan yang sangat cocok dijadikan bahan untuk ditumis.

penja tumis masakan khas mandar
Penja Tuqmis (Ikan Penja Tumis) masakan khas suku Mandar dari Sulawesi Barat (Foto : Hasbi)
Penja yang dikeringkan ini datang pada waktu - waktu tertentu. Menumis ikan penja sendiri membutuhkan bahan yang sederhana seperti menumis masakan lainnya. Tapi yang harus diingat untuk jenis ikan penja kering, cukup diberi penyedap rasa dan tak usah menggunakan garam. Hal ini dikarenakan ikan penja yang kering punya kadar garam yang lumayan tinggi. 

Saat Ramadhan penja Tumis tepat dijadikan menu untuk melengkapi berbagai macam pilihan lauk. Kandungan protein dalam ikan berukuran mini baik dijadikan sumber nutrisi untuk melengkapi kebutuhan tubuh, terutama saat tubuh membutuhkan serapan makanan yang bergizi. Penja kering cukup mudah ditemukan, berbeda halnya dengan penja basah yang hanya bisa didapatkan saat masuknya musim penja.

Kontributor :
Teks : Hasbi
Foto : Hasbi

Post a Comment

Start typing and press Enter to search